Senin, 16 Oktober 2017

BELAJAR PERKEMBANGBIAKAN PEGETATIF BUATAN SAMBUNG PUCUK

BELAJAR PERKEMBANGBIAKAN PEGETATIF BUATAN SAMBUNG PUCUK


Asalamualaikum wr. wb.
Selamat malam para pengunjung yang berbahagia kali ini MI Nurul Huda akan berbagi bagaimana siswa - siswi MI Nurul Huda  Bandung belajar cara perkembangbiakan Fegetatif buatan pada tumbuhan dengan Sambung Pucuk


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara memperbaiki mutu tanaman, salah satu caranya dapat dilakukan dengan cara sambung pucuk tanaman. kali ini yang akan menjadi media adalah tanaman terong Pokak.

Namun sebelum kita mulai mempraktikkan bagaimana anak-anak menyambung pucuk terong Pokak dengan terong jenis lain, misal terong Madu, Terong ungu, terong pipit, terong belanda maupun terong jenis lainnya kita harus menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam praktik sambung pucuk Terong Pokak ini.

Adapun alat yang perlu disiapkan adalah pertama Pisau kater yang tajam, Plastik es yang elastis buat tali pengikat dan pembungkus.

Sedangkan untuk bahan yang disiapkan adalah induk/inang terong Pokak yang akan dijadikan media, dan pupus/ pucuk terong misal terong Madu, Terong ungu, terong pipit, terong belanda maupun terong jenis lainnya

Baiklah karena alat dan bahan untuk menyambung pucuk terong Pokak dengan terong jenis lain sudah tersedia langsung saja anak-anak mempraktikkan apa yang telah dipelajari yaitu menyambung pucuk terong Pokak dengan terong jenis lain.

Langkah langkahnya yaitu:

Langkah 1 : Cuci tangan agar steril, kemudian kita siapkan dulu entris/pupus/pucuk bagian atas yang akan kita iris miring di sebelah kiri dan sebelah kanan yang menyerupai sebuah mata kapak, usahakan panjangnya sama antara kiri dan kanan kira-kira panjang irisan 2 cm atau 3 cm. Untuk entres ini usahkan cari entres dari tanaman yang berkualitas unggul.

Pada saat pengirisan diusahakan satu kali irisan agar kambium tidak terluka, maksudnya satu kali irisan adalah dipotong dari sisi atas sampe bawah dalam sekali iris, supaya nantinya proses penyatuan dapat berhasil sempurna potongan harus lurus dan tidak bergelombang supaya sambungan kita nantinya dapat rapat dan udara lembab tidak masuk karena dapat membuat berairnya sambungan yang berakibat gagalnya proses sambungan kita.

Langkah 2 : Setelah selesai mengerjakan entris batang atas kita lanjut mengerjakan batang bawah yaitu carilah tanaman yang tumbuh secara sempurna sehat dan segar juga terhindar dari hama, biasanya dalam satu tanaman terdapat banyak batang yang tumbuh, diantara batang-batang tersebut pilihlah batang yang besarnya kira-kira sebesar pensil tapi harus sesuaikan dengan besar entres batang atas karena kesesuaian penting utuk teknik ini.

Setelah kita dapatkan pokok batang bawah yang bagus kita potong kira-kira tingginya 10 cm sampai 15 cm. jangan terlalu ke bawah karena saat penyiraman bisa tergenang air. Kemudian kita belah pokok bawah panjang belahan harus sama dengan irisan entres atau batang mata tunas. Misalnya entres atau batang mata tunas 3 cm maka panjang belahan juga harus 3 cm.

Langkah 3 : Setelah belahan pokok batang bawah selesai kita selipkan entres atau potongan batang mata tunas ke pokok batang bawah, ingat jangan digesar-geser dan jagan pula diulang-ulang menyelipkan ke pokok batang bawah karena akan merusak kambium setelah pas terpasang sempurna, barulah di ikat mengunakan grafting tape atau bisa juga mengunakan plastik es mambo yang dapat di tarik jadi panjang.
Ingat dalam pengikatan harus pas maksudya tidak boleh terlalu kuat dan jangan juga terlalu longgar karena jika terlalu kuat tanaman akan tercekik tapi jika terlalu longgar kerapatan sambungan tidak akan sempurna dan air juga mudah masuk, kemudian jika air masuk ini sangat fatal karena akan menyebabkan busuknya entres atau batang mata tunas. Setelah selesai pengikatan sisa plastik pengikat atau grafting tape bisa dibalutkan ke entres sampe ke pucuknya atau benar-benar terbalut agar kelembaban entres terjaga, dan jika kalau memang sisa pengikat sambungan tidak cukup untuk membalut entres bisa kita gunakan cungkup mengunakan plastik.


Langkah 4 : Setelah kita ikat sempurna dan di balut atau di cungkup kita bisa menunggu kira-kira 21 hari bisa kurang juga lebih intinya kalau sudah ada mata tunas yang sudah tumbuh tunas baru tandanya sambungan kita berhasil buka dan singkirkan balutan plastik yang ada pada entres.

Hanya cungkup atau balutan dibagian atas yang di buka karena dapat menganggu tunas-tunas baru yang akan tumbuh dan berkembang untuk ikatan di bagian bawah bisa nunggu kira-kira sambungan sudah kuat dan menyatu sempurna yang di tandai dengan tanaman sudah membesar, pada sambungan muncul lekukan-lekukan dan ikatan tadi mulai menganggu atau menyekik tanam barulah di buka agar tidak patah nantinya.

Demikian dan terimakasih semoga dapat membantu dan bermanfaat.
Berbagi Itu Indah
=============================

Atau baca juga PESAWAT SEDERHANA

0 komentar:

Posting Komentar